Langsung ke konten utama

Model untuk Pemrosesan Informasi Akuntansi

Tujuan Pembelajaran:
1.  Mempelajari tujuan sistem informasi akuntansi
2.  Mengkaji tahap-tahap dalam siklus akuntansi
3.  Mengkaji bagaima sistem akuntansi menghasilkan laporan bagi pemakai eksternal

Pendahuluan
     Kajian tentang sistem informasi akuntansi yang menganganalisis bagaimana peristiwa-peristiwa yang dicatat, diringkas, dan dilaporkan, yang terjadi di perusahaan mempengaruhi organisasi.

Organisasi
Sistem akuntansi Akuntansi ada di berbagai bentuk  perusahaan, apakah firma, CV, Korporasi, lembaga nirlaba maupun rumah tangga.

Peristiwa-peristiwa yang mempengaruhi suatu organisasi
Perinstiwa-peristiwa yang mempengaruhi organisasi merupakan hasil interaksinya dengan lingkungannya, yang mencakup entitas regulasi, politik, sosial dan ekonomi. Sistem Informasi Akuntansi mencatat, meringkas, dan melaporkan peristiwa yang muncul dari entitas ini.

Sumberdaya Manusia dan Komputer
Suatu sistem sumberdaya manusia dan sistem mencatat, memproses dan melaporkan peristiwa dari lingkungan organisasi. Ketika sistem mengandung hanya sumberdaya manusia saja, inilah yang disebut sistem manual. Ketika sistem menggunakan sumberdaya manusia dan komputer, inilah yang disebut sistem berbasis komputer.

Tujuan dan Metode Akuntansi
Semua sistem informasi akuntansi mencatat/merekam, memproses dan melaporkan peristiwa menggunakan metode akuntansi untuk mencapai tujuan akuntansi. Tujuan ini menentukan ruang lingkup sistem, yang pada gilirannya menentukan sifat peristiwa dan metode akuntansi. Namun, semua sistem merekam peristiwa dalam satuan uang dan proses akuntansi konseptual yang sama

Ruang lingkup sistem dan sifat peristiwa
Proses Akuntansi bermula ketika suatu peristiwa ekonomi diakui oleh sistem informasi akuntansi, yang merekam peristiwa ekonomi sebagai suatu transaksi akuntansi. Bagi sistem informasi akuntansi keuangan, aktivitas yang memproses suatu transaksi menetapkan proses akuntansi.

Proses Akuntansi
   Menjurnal : Tahap pertama dalam siklus akuntansi yang merekam transaksi . Seseorang menganalisis peristiwa, menentukan akun yang sesuai, mengidentifikasi apakah masing-masing akun  didebet dan dikredit dengan benar, dan masuk secara kronologis dalam suatu jurnal.
   Memposting :
   Menyiapkan Neraca Saldo :
   Menyiapkan ayat-ayat penyesuaian:
   Menyiapkan laporan Akuntansi
   Menutup Buku
 
Teknologi dan Sistem Informasi Akuntansi

Mengapa mengkaji Sistem Informasi Akuntansi?




Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIY Tanaman Hias PILEA | How to Make PILEA from Recycled Materials

Mengelola Konsumen – Customer Relationship Management (CRM)

Apakah CRM itu? CRM adalah ungkapan yang menjelaskan bisnis anda berinteraksi dengan konsumen anda. Kebanyakan orang berpikir bahwa CRM suatu sistem untuk menanggulangi informasi tentang konsumen anda. Namun, itu hanyalah bagian gambarnya saja. CRM meliputi penggunaan teknologi untuk mengumpulkan kepintaran yang anda butuhkan untuk menyediakan konsumen dan dukungan yang diperbaharui bagi konsumen anda. Dengan kata lain, CRM adalah juga tentang apa yang anda lakukan berkaitan dengan konsumen baru, menghasilkan laba yang lebih tinggi lagi.   Blok Bangunan CRM ·          Suatu database yang mengumpulkan informasi tentang konsumen anda ·          Suatu cara untuk menganalisa informasi dalam database ·          Suatu strategi untuk mengaplikasikan analisis untuk memenuhi kebutuhan konsumen agar lebih baik dan mengindentifikasi konsumen-konsumen potensial · ...

MENGANYAM KEMASAN PASTA GIGI! || WEAVING TOOTHPASTE (PART 1)

Komentar membangun sangat membantu perbaikan blog ini