Langsung ke konten utama

Mengelola Konsumen – Customer Relationship Management (CRM)

Apakah CRM itu?


CRM adalah ungkapan yang menjelaskan bisnis anda berinteraksi dengan konsumen anda. Kebanyakan orang berpikir bahwa CRM suatu sistem untuk menanggulangi informasi tentang konsumen anda. Namun, itu hanyalah bagian gambarnya saja. CRM meliputi penggunaan teknologi untuk mengumpulkan kepintaran yang anda butuhkan untuk menyediakan konsumen dan dukungan yang diperbaharui bagi konsumen anda. Dengan kata lain, CRM adalah juga tentang apa yang anda lakukan berkaitan dengan konsumen baru, menghasilkan laba yang lebih tinggi lagi.  

Blok Bangunan CRM

·         Suatu database yang mengumpulkan informasi tentang konsumen anda

·         Suatu cara untuk menganalisa informasi dalam database

·         Suatu strategi untuk mengaplikasikan analisis untuk memenuhi kebutuhan konsumen agar lebih baik dan mengindentifikasi konsumen-konsumen potensial

·         Mengumpulkan data untuk memastikan strategi anda berjalan efektif

 

Siapakah Konsumen Anda?

C dalam CRM bisa memiliki definisi dekat atau dekat lebar. Sebagai contoh, konsumen bisa meliputi tidak hanya orang-orang yang membeli dari anda, namun juga pemasok anda, mitra anda, pegawai dan investor anda. Masing-masing kelompok “kelompok konsumen” ini akan memiliki kebutuhan yang berbeda yang harus ditata. Demi tujuan buklet ini, kita akan memfokuskan pada “konsumen” sebagai seorang yang membeli produk atau layanan anda. Ini bisa berupa konsumen bisnis atau individual.

Konsumen online memiliki seabreg harapan khusus yang memisahkan mereka dari konsumen tradisional. Terutama, mereka berharap sekian banyak informasi tentang perusahaan anda dan produk anda tersedia online dengan berselancar (searching) minimal, menuntut layanan cepat, kesempatan untuk swalayanan via situs anda, pengiriman produk cepat, dan dukungan purna jual. Dengan demikian, anda perlu mempertimbangkan prinsip-prinsip CRM melakukan bisnis online.

Manfaat CRM

CRM membuat tiap-tiap dan masing-masing konsumen anda merasa seperti tatap muka orang per orang dengan anda. CRM efektif memberi anda kesempatan untuk menunjukkan bahwa konsumen bahwa  :

·         Anda Mengetahui dan mempertimbangkan mereka

·         Anda memahami mereka

·         Anda peduli terhadap kebutuhan, pertanyaan dan perhatian mereka

·         Anda sangat ingin mengantarkan layanan dan produk yang mereka butuhkan

·         Anda menghargai bisnis mereka

CRM juga akan memberi anda manfaat terhadap perusahaan dengan kesediaan anda untuk :

·         Mengembangkan layanan dan produk suplier yang memenuhi kebutuhan konsumen yang sudah diidentifikasi

·         Mendukung pemasaran terhadap terhadap konsumen yang paling menguntungkan untuk memperbaharui bottom line anda

·         Memperbaharui efisiensi dengan penyediaan layanan dan dukungan terhadap konsumen online (misalnya melalui pertanyaan yang diajukan secara rutin)

·         Mengantisipasi kebutuhan bisnis di masa yang akan datang berdasarkan pada data tentang histori penjualan dan tren layanan

·         Meningkatkan basis konsumen anda sebagaimana anda mengembangkan cara baru untuk melibatkan online bisnis

Garis Bawah (Bottom Line)

1.       Siapakah konsumen saya?

2.       Bagaimana saya melayani mereka dengan lebih baik?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bola-bola Menggemaskan - Hiasan 17 Agustus dari Kertas Karton

Komentar membangun sangat membantu perbaikan blog ini

KREASI PLASTIK MINYAK GORENG Membuat hiasan Dinding 3D Bunga Matahari da...

Komentar membangun sangat membantu perbaikan blog ini

Menikmati keasrian Alam

Apa yang kita berikan kepada alam, alam akan memberi balasannya. Keindahan lembah Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Padang Keunikan Bulit Bule (Bulet), Kab 50 Kota, Padang, Sumatera Barat Segarnya perjalanan menelusuri pinggiran Hutan Cakrabuana, Wado Sumedang Dengan menjaga keberadaan pohon-pohon yang ada di sekitar kita, maka kita mendapat anugerah melimpahnya air yang jernih seperti ini Udara segar minim polusi Menjelang sore menikmati suasana bersama ibunya anak-anak