Apakah CRM itu?
CRM adalah ungkapan yang menjelaskan bisnis anda
berinteraksi dengan konsumen anda. Kebanyakan orang berpikir bahwa CRM suatu
sistem untuk menanggulangi informasi tentang konsumen anda. Namun, itu hanyalah
bagian gambarnya saja. CRM meliputi penggunaan teknologi untuk mengumpulkan
kepintaran yang anda butuhkan untuk menyediakan konsumen dan dukungan yang
diperbaharui bagi konsumen anda. Dengan kata lain, CRM adalah juga tentang apa
yang anda lakukan berkaitan dengan konsumen baru, menghasilkan laba yang lebih
tinggi lagi.
Blok Bangunan CRM
·
Suatu
database yang mengumpulkan informasi tentang konsumen anda
·
Suatu
cara untuk menganalisa informasi dalam database
·
Suatu
strategi untuk mengaplikasikan analisis untuk memenuhi kebutuhan konsumen agar
lebih baik dan mengindentifikasi konsumen-konsumen potensial
·
Mengumpulkan
data untuk memastikan strategi anda berjalan efektif
Siapakah Konsumen Anda?
C dalam CRM bisa memiliki definisi dekat atau dekat
lebar. Sebagai contoh, konsumen bisa meliputi tidak hanya orang-orang yang
membeli dari anda, namun juga pemasok anda, mitra anda, pegawai dan investor
anda. Masing-masing kelompok “kelompok konsumen” ini akan memiliki kebutuhan
yang berbeda yang harus ditata. Demi tujuan buklet ini, kita akan memfokuskan
pada “konsumen” sebagai seorang yang membeli produk atau layanan anda. Ini bisa
berupa konsumen bisnis atau individual.
Konsumen online memiliki seabreg harapan khusus yang
memisahkan mereka dari konsumen tradisional. Terutama, mereka berharap sekian
banyak informasi tentang perusahaan anda dan produk anda tersedia online dengan
berselancar (searching) minimal, menuntut layanan cepat, kesempatan
untuk swalayanan via situs anda, pengiriman produk cepat, dan dukungan purna
jual. Dengan demikian, anda perlu mempertimbangkan prinsip-prinsip CRM
melakukan bisnis online.
Manfaat
CRM
CRM membuat tiap-tiap dan masing-masing konsumen anda
merasa seperti tatap muka orang per orang dengan anda. CRM efektif memberi anda
kesempatan untuk menunjukkan bahwa konsumen bahwa :
·
Anda
Mengetahui dan mempertimbangkan mereka
·
Anda
memahami mereka
·
Anda
peduli terhadap kebutuhan, pertanyaan dan perhatian mereka
·
Anda
sangat ingin mengantarkan layanan dan produk yang mereka butuhkan
·
Anda
menghargai bisnis mereka
CRM juga akan
memberi anda manfaat terhadap perusahaan dengan kesediaan anda untuk :
·
Mengembangkan
layanan dan produk suplier yang memenuhi kebutuhan konsumen yang sudah
diidentifikasi
·
Mendukung
pemasaran terhadap terhadap konsumen yang paling menguntungkan untuk
memperbaharui bottom line anda
·
Memperbaharui
efisiensi dengan penyediaan layanan dan dukungan terhadap konsumen online (misalnya
melalui pertanyaan yang diajukan secara rutin)
·
Mengantisipasi
kebutuhan bisnis di masa yang akan datang berdasarkan pada data tentang histori
penjualan dan tren layanan
·
Meningkatkan
basis konsumen anda sebagaimana anda mengembangkan cara baru untuk melibatkan
online bisnis
Garis Bawah (Bottom Line)
1.
Siapakah
konsumen saya?
2.
Bagaimana
saya melayani mereka dengan lebih baik?
Komentar