Langsung ke konten utama
Analisis Portofolio Konsumen

Tujuan Pembelajaran:
1.   Mengapa analisis Analisis Portofolio Konsumen dibutuhkan untuk implementasi CRM (Customer Relationship Management)
2. Tedapat sejumlah disiplin ilmu yang berkontribusi terhadap Analisis Portofolio Konsumen: Segmentasi pasar, estimasi penjualan, pembiayaan berbasis aktivitas dan estimasi nilai waktu pakai
3.  Bagaimana proses Analisis Portofolio Konsumen membedakan konteks Busines to Costumer (B2C) dan Business to Business (B2B)
4.   Bagaimana menggunakan perangkat Analisis Portofolio Konsumen B2B
5.   Peranan tambang data dan Analisis Portofolio Konsumen B2B

Apakah portofolio itu?
Penggunaan istilah portofolio dalam Analisis Portofolio Konsumen mengindikasikan bahwa hasil proses ini merupakan klasifikasi konsumen menjadi grup yang berbeda, kemudian ditata pada suatu basis portofolio, atau kolektif, salahsatu proposisi fundamental Customer Relationship Management adalah tidak semua konsumen harus ditata dengan cara yang sama. Ini sebagian besarnya karena proposisi-proposisi yang mencerminkan pendapatan dan profil biaya yang berbeda untuk perusahaan.
Sebagian konsumen mungkin ditawari produk customized dan manajemen akun tatap wajah. Lainnya ditawari produk yang distandarisasi dan web yang berbasis swalayan.
Jika grup kedua ditawari level pelayanan yang sama, maka akan segera berakhir menjadi pengambil laba (profit taker) bagi perusahaan.
Tujuan Analisis Portofolio Konsumen untuk mengoptimalkan kinerja laba melintasi basis di dalam konsumen dengan menawarkan proposisi nilai yang dibedakan untuk membedakan segmen konsumen. NetWest Bank mengelola konsumen bisnisnya pada basis portofolio.  Portofolio ini memecah konsumen menjad 3 segmen berbasis pada ukurannya, nilai manfaat (lifetime value) dan lambing kepercayaan.
Apakah konsumen itu?

Konsumen dalam konteks B2B berbeda dari konsumen dalam konteks B2C.  Konsumen B2B merupakan suatu organisasi perusahaan (produsen atau reseller) atau lembaga. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIY Tanaman Hias PILEA | How to Make PILEA from Recycled Materials

MENGANYAM KEMASAN PASTA GIGI! || WEAVING TOOTHPASTE (PART 1)

Komentar membangun sangat membantu perbaikan blog ini

Mengevaluasi Peluang dalam Lingkungan yang tak terkendali

Situasi saat ini semakin tidak terduga, seringkali kita terkaget-kaget dengan aneka kejutan yang tidak dapat kita prediksi sebelumnya, walaupun demikian kita tetap berusaha memperhitungkannya untuk dapat membuat rencana. Dalam tulisan ini, ayo kita coba untuk : 1.    Mengetahui variabel2 yang tidak terkendali yang mana manajer pemasaran harus bekerja bersamanya 2.       Memahami mengapa tujuan2 perusahaan adalah penting dalam mengarahkan strategi pemasaran 3.       Melihat bagaimana sumberdaya perusahaan bisa membatasi pencariannya untuk peluang 4.       Mengetahui efek jenis situasi kompetitif yang berbeda pada perencanaan strategi 5.       Memahami bagaimana lingkungan teknologi dan ekonomi bisa berdampak terhadap strategi Manajer pemasaran tidak merencanakan strategi di ruang hampa Lingkungan tidak terkendali, antara lain : 1.      ...