Langsung ke konten utama
Analisis Portofolio Konsumen

Tujuan Pembelajaran:
1.   Mengapa analisis Analisis Portofolio Konsumen dibutuhkan untuk implementasi CRM (Customer Relationship Management)
2. Tedapat sejumlah disiplin ilmu yang berkontribusi terhadap Analisis Portofolio Konsumen: Segmentasi pasar, estimasi penjualan, pembiayaan berbasis aktivitas dan estimasi nilai waktu pakai
3.  Bagaimana proses Analisis Portofolio Konsumen membedakan konteks Busines to Costumer (B2C) dan Business to Business (B2B)
4.   Bagaimana menggunakan perangkat Analisis Portofolio Konsumen B2B
5.   Peranan tambang data dan Analisis Portofolio Konsumen B2B

Apakah portofolio itu?
Penggunaan istilah portofolio dalam Analisis Portofolio Konsumen mengindikasikan bahwa hasil proses ini merupakan klasifikasi konsumen menjadi grup yang berbeda, kemudian ditata pada suatu basis portofolio, atau kolektif, salahsatu proposisi fundamental Customer Relationship Management adalah tidak semua konsumen harus ditata dengan cara yang sama. Ini sebagian besarnya karena proposisi-proposisi yang mencerminkan pendapatan dan profil biaya yang berbeda untuk perusahaan.
Sebagian konsumen mungkin ditawari produk customized dan manajemen akun tatap wajah. Lainnya ditawari produk yang distandarisasi dan web yang berbasis swalayan.
Jika grup kedua ditawari level pelayanan yang sama, maka akan segera berakhir menjadi pengambil laba (profit taker) bagi perusahaan.
Tujuan Analisis Portofolio Konsumen untuk mengoptimalkan kinerja laba melintasi basis di dalam konsumen dengan menawarkan proposisi nilai yang dibedakan untuk membedakan segmen konsumen. NetWest Bank mengelola konsumen bisnisnya pada basis portofolio.  Portofolio ini memecah konsumen menjad 3 segmen berbasis pada ukurannya, nilai manfaat (lifetime value) dan lambing kepercayaan.
Apakah konsumen itu?

Konsumen dalam konteks B2B berbeda dari konsumen dalam konteks B2C.  Konsumen B2B merupakan suatu organisasi perusahaan (produsen atau reseller) atau lembaga. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bola-bola Menggemaskan - Hiasan 17 Agustus dari Kertas Karton

Komentar membangun sangat membantu perbaikan blog ini

KREASI PLASTIK MINYAK GORENG Membuat hiasan Dinding 3D Bunga Matahari da...

Komentar membangun sangat membantu perbaikan blog ini

Menikmati keasrian Alam

Apa yang kita berikan kepada alam, alam akan memberi balasannya. Keindahan lembah Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Padang Keunikan Bulit Bule (Bulet), Kab 50 Kota, Padang, Sumatera Barat Segarnya perjalanan menelusuri pinggiran Hutan Cakrabuana, Wado Sumedang Dengan menjaga keberadaan pohon-pohon yang ada di sekitar kita, maka kita mendapat anugerah melimpahnya air yang jernih seperti ini Udara segar minim polusi Menjelang sore menikmati suasana bersama ibunya anak-anak