Rabu, 08 Maret 2017

Peran Pemasaran dalam Perusahaan

Mau berbagi pengetahuan, semoga bermanfaat, kalau ada yang salah, silakan kritik dan saran, ayo kita sama-sama belajar ya untuk:

1.      Mengetahui apakah konsep pemasaran itu dan bagaimana pemasaran berdampak terhadap perencanaan strategi perusahaan
2.      Memahami apa yang dilakukan Manajer Pemasaran
3.      Mengetahui apakah perencanaan strategi pemasaran itu dan mengapa ini difokuskan di buku ini
4.      Memahami target pemasaran
5.      Akrab dengan 4-P dalam Pemasaran Campuran
6.      Mengetahui perbedaan antara strategi pemasaran, rencana pemasaran dan program pemasaran

“Suatu rencana induk untuk membidik target” bukanlah alur cerita Rambo-namun tujuan manajer pemasaran yang bagus.
Peran pemasaran telah banyak berubah bertahun-tahun lampau
Spesialisasi perdagangan dijalankan-makelar memenuhi kebutuhan
Dari produksi menuju era penjualan
Menuju era Departemen Pemasaran
Menuju era Perusahaan Pemasaran

Apakah arti konsep pemasaran?
Orientasi konsumen mengarahkan sistem keseluruhan
Manajer bekerja sama untuk job yang lebih baik
Mudah untuk mengalihkan menjadi orientasi produksi

Adopsi Konsep Pemasaran tidaklah mudah atau universal
Industri pelayanan/jasa  semakin enak dipandang
Konsep Pemasaran berdampak langsung terhadap Organisasi Nirlaba
Seberapa jauh konsep pemasaran berjalan?
Cukup jauhkah berjalan?

Job manajemen dalam pemasaran
Manajer pemasaran mencari peluang-peluang baru
Perencanaan manajemen strategi peduli terhadap perusahaan keseluruhan

Apakah Perencanaan Strategi Pemasaran itu?
Apakah strategi pemasaran itu?
Menyeleksi strategi berorientasi pasar adalah target pemasaran
Target pemasaran bukanlah pemasaran masal
“Pemasar Masal” bisa melakukan target pemasaran

Mengembangkan percampuran pemasaran untuk target pasar
Terdapat berbagai variable pemasaran-campuran
Tempat-mencapai target
Promosi-memberitahu dan menjual ke konsumen
Harga-buatlah yang benar
Masing-masing dari 4P berkontribusi terhadap keseluruhan
Tempat dan promosi, keduanya harus dilakukan secara bersamaan

Rencana Pemasaran adalah panduan untuk implementasi dan kendali
Rencana pemasaran memenuhi strategi pemasaran
Implementasi meletakkan rencana ke dalam operasi
Berbagai rencana membuat program pemasaran menyeluruh
Kendali adalah menganalisis dan mengoreksi apa yang telah dilakukan

Pentingnya Perencanaan Strategi Pemasaran
Waktu bagi strategi-strategi baru dalam industry arloji
Perencanaan strategi yang kreatif dibutuhkan untuk keberlangsungan
Perencanaan Strategi tidak terjadi di ruang hampa
Perencanaan strategi berorientasi pasar membantu orang non pemasaran juga

Peran pemasaran di dalam perusahaan yang berorientasi pasar adalah menyediakan arah bagi perusahaan. Konsep pemasaran menekankan bahwa upaya perusahaan seharusnya fokus pada memuaskan konsumen target-pada laba. Perusahaan berorientasi produk cenderung melupakan konsep ini. Seringkali berbagai departemen dalam perusahaan berorientasi produksi membiarkan konflik kepentingan alami mereka.
Pondasi Ekonomi
         Memahami “Hukum Permintaan yang semakin menurun”
         Mengetahui apakah “pasar itu”?
   Memahami kurva permintaan dan bagaimana keduanya menetapkan ukuran pasar & level harganya?
         Mengetahui tentang elastisitas permintaan & penawaran

         Mengetahui mengapa elastisitas permintaan diakibatkan oleh ketersediaan barang pengganti 

Tempat Tissue dan permen dari kreasi stik es krim, gimana hayo cara pemasarannya?

Insya Alloh dilanjut lagi ya ...o


Tidak ada komentar:

Posting Komentar