Langsung ke konten utama

Peran Pemasaran dalam Perusahaan

Mau berbagi pengetahuan, semoga bermanfaat, kalau ada yang salah, silakan kritik dan saran, ayo kita sama-sama belajar ya untuk:

1.      Mengetahui apakah konsep pemasaran itu dan bagaimana pemasaran berdampak terhadap perencanaan strategi perusahaan
2.      Memahami apa yang dilakukan Manajer Pemasaran
3.      Mengetahui apakah perencanaan strategi pemasaran itu dan mengapa ini difokuskan di buku ini
4.      Memahami target pemasaran
5.      Akrab dengan 4-P dalam Pemasaran Campuran
6.      Mengetahui perbedaan antara strategi pemasaran, rencana pemasaran dan program pemasaran

“Suatu rencana induk untuk membidik target” bukanlah alur cerita Rambo-namun tujuan manajer pemasaran yang bagus.
Peran pemasaran telah banyak berubah bertahun-tahun lampau
Spesialisasi perdagangan dijalankan-makelar memenuhi kebutuhan
Dari produksi menuju era penjualan
Menuju era Departemen Pemasaran
Menuju era Perusahaan Pemasaran

Apakah arti konsep pemasaran?
Orientasi konsumen mengarahkan sistem keseluruhan
Manajer bekerja sama untuk job yang lebih baik
Mudah untuk mengalihkan menjadi orientasi produksi

Adopsi Konsep Pemasaran tidaklah mudah atau universal
Industri pelayanan/jasa  semakin enak dipandang
Konsep Pemasaran berdampak langsung terhadap Organisasi Nirlaba
Seberapa jauh konsep pemasaran berjalan?
Cukup jauhkah berjalan?

Job manajemen dalam pemasaran
Manajer pemasaran mencari peluang-peluang baru
Perencanaan manajemen strategi peduli terhadap perusahaan keseluruhan

Apakah Perencanaan Strategi Pemasaran itu?
Apakah strategi pemasaran itu?
Menyeleksi strategi berorientasi pasar adalah target pemasaran
Target pemasaran bukanlah pemasaran masal
“Pemasar Masal” bisa melakukan target pemasaran

Mengembangkan percampuran pemasaran untuk target pasar
Terdapat berbagai variable pemasaran-campuran
Tempat-mencapai target
Promosi-memberitahu dan menjual ke konsumen
Harga-buatlah yang benar
Masing-masing dari 4P berkontribusi terhadap keseluruhan
Tempat dan promosi, keduanya harus dilakukan secara bersamaan

Rencana Pemasaran adalah panduan untuk implementasi dan kendali
Rencana pemasaran memenuhi strategi pemasaran
Implementasi meletakkan rencana ke dalam operasi
Berbagai rencana membuat program pemasaran menyeluruh
Kendali adalah menganalisis dan mengoreksi apa yang telah dilakukan

Pentingnya Perencanaan Strategi Pemasaran
Waktu bagi strategi-strategi baru dalam industry arloji
Perencanaan strategi yang kreatif dibutuhkan untuk keberlangsungan
Perencanaan Strategi tidak terjadi di ruang hampa
Perencanaan strategi berorientasi pasar membantu orang non pemasaran juga

Peran pemasaran di dalam perusahaan yang berorientasi pasar adalah menyediakan arah bagi perusahaan. Konsep pemasaran menekankan bahwa upaya perusahaan seharusnya fokus pada memuaskan konsumen target-pada laba. Perusahaan berorientasi produk cenderung melupakan konsep ini. Seringkali berbagai departemen dalam perusahaan berorientasi produksi membiarkan konflik kepentingan alami mereka.
Pondasi Ekonomi
         Memahami “Hukum Permintaan yang semakin menurun”
         Mengetahui apakah “pasar itu”?
   Memahami kurva permintaan dan bagaimana keduanya menetapkan ukuran pasar & level harganya?
         Mengetahui tentang elastisitas permintaan & penawaran

         Mengetahui mengapa elastisitas permintaan diakibatkan oleh ketersediaan barang pengganti 

Tempat Tissue dan permen dari kreasi stik es krim, gimana hayo cara pemasarannya?

Insya Alloh dilanjut lagi ya ...o


Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengevaluasi Peluang dalam Lingkungan yang tak terkendali

Situasi saat ini semakin tidak terduga, seringkali kita terkaget-kaget dengan aneka kejutan yang tidak dapat kita prediksi sebelumnya, walaupun demikian kita tetap berusaha memperhitungkannya untuk dapat membuat rencana. Dalam tulisan ini, ayo kita coba untuk :

1.Mengetahui variabel2 yang tidak terkendali yang mana manajer pemasaran harus bekerja bersamanya 2.Memahami mengapa tujuan2 perusahaan adalah penting dalam mengarahkan strategi pemasaran 3.Melihat bagaimana sumberdaya perusahaan bisa membatasi pencariannya untuk peluang 4.Mengetahui efek jenis situasi kompetitif yang berbeda pada perencanaan strategi 5.Memahami bagaimana lingkungan teknologi dan ekonomi bisa berdampak terhadap strategi
Manajer pemasaran tidak merencanakan strategi di ruang hampa Lingkungan tidak terkendali, antara lain : 1.Sumberdaya dan Tujuan Perusahaan 2.Lingkungan kompetitif 3.Lingkungan Teknologi dan Ekonomi 4.Lingkungan Hukum dan Politik 5.Lingkungan Sosial dan Budaya
Tujuan-tujuan harus menyusun wacana Perusahaan 3 …

Membangun Brand bagaikan membangun Rumah

Setiap proyek membangun rumah dibagi menjadi menjadi tahap-tahap yang berbeda yang perlu dipertimbangkan agar hasilnya sangat memuaskan.

Pada setiap bagian tulisan ini memiliki sejumlah pernyataan yang berkaitan dengan membangun rumah yang menandakan pembahasan yang relevan dengan membangun Brand.
1.Impian 2.Rencana 3.Memulai 4.Desain 5.Membangun 6.Detail

Pada akhir setiap tahap tulisan ini merupakan ringkasan pembahasan penting mengenai Branding untuk menjadi bahan pertimbangan dalam proses membangun Brand anda.  Tujuannya untuk menyusun cara yang jelas mengenai membuat Branding yang mudah dipahami bagi setiap orang.

Membangun suatu Brand bisa benar-benar sederhana, berwujud dan dapat dipercaya seperti halnya batu bata dan adukan semen ......... Memang seperti membangun sebuah Rumah
Konsep Branding seringkali dikhawatirkan sebagai suatu keterampilan yang kita tidak selalu bisa memahami apalagi mengelolanya.  Tujuan tulisan ini adalah membuat Branding terwujud dengan mengaitkannya kepada penga…

Pendahuluan tentang Smart City

dikutip dari Professor Isam SHAHROUR
Apakah Konsep Smart City itu? Teknologi Manajemen Data Implementasi Smart City Tantangan sebuah Kota Ledakan Populasi Konsumsi Air dan Energi Kemacetan Lalu Lintas Krisis Ekonomi dan Keuangan Pemukiman Kumuh Partisipasi Warga Komposisi Usia Tuntutan Peningkatan Kualitas Hidup dan Kenyamanan
Dua Strategi 1.Memperbaharui kualitas infrastruktur dan bangunan, tapi ... Membutuhkan Investasi Besar, menyita waktu lama Di Eropa keberadaan bangunan baru sekitar 1% per tahun dari bangunan yang ada. 2.Memperbaharui Manajemen infrastruktur (Teknology Digital) Investasi rendah Implementasinya cepat
Revolusi Digital 1.Komunikasi 2.Jejaring Sosial 3.Mobile 4.Internet
Teknologi Smart sensor Smart Technology Smart governance SMART CITY Data yang lebih banyak DATA BESAR : digital, images, movies, audio Implementasi di bidang Kesehatan, Pendidikan, Seni dan Budaya


Teknologi Smart City mendukung : üMonitoting secara Real-Time (Arus Lalu lintas, data kependudukan dll) üTi…