Langsung ke konten utama

Peran Pemasaran dalam Masyarakat

  Pemasaran (marketing) sudah sedemikian luas cakupannya di era digital saat ini, namun ada sebagian kita masih ada yang bingung, padahal selayaknya kita :
. -     Mengetahui apakah pemasaran itu dan mengapa kita harus mempelajarinya
2.      Memahami perbedaan antara pemasaran makro dan pemasaran mikro
3.      Mengetahui mengapa dan bagaimana sistem pemasaran makro itu berkembang
4.      Mengetahui mengapa spesialis pemasaran-makelar dan fasilitator berkembang
5.      Mengetahui fungsi-fungsi pemasaran dan siapa yang menjalankannya
6.      Mengetahui pentingnya istilah-istilah baru

Tentang apa sich pemasaran itu?
Jika didesak untuk mendefinisikan pemasaran, sebagian besar orang, termasuk sebagian manajer bisnis berkata bahwa pemasaran berarti “menjual” atau “beriklan”. Benar adanya bahwa arti-arti kata ini merupakan bagian pemasarn, namun pemasaran lebih dari sekedar menjual dan mengiklankan.
Untuk mengilustrasikan beberapa hal penting lainnya yang tercakup di dalam pemasaran, pikirkanlah tentang semua raket tenis yang diayunkan dengan beragam derajat keakuratan oleh pemain tenis di seluruh dunia.  Sebagian besar kita tidak dilahirkan dengan raket tenis di tangan kita. Juga kita tidak membuat raket tenis sendiri. Bahkan, raket tenis tersebut dibuat oleh perusahaan-perusahaan seperti Wilson, Spalding, Kennex, Head, dan Prince. 
Hal-hal penting nanti kita akan bahas bersama, tentang ......
Pemasaran itu lebih dari penjualan atau iklan
Bagaimana semua raket berada di sini
Bagaimana pemasaran berkaitan dengan produksi
Raket tenis, menyerupai mouse-trap, jangan menjual diri mereka sendiri
Raket tenis tidak secara otomatis menyediakan utilitas
Pemasaran itu penting bagi anda
Mengapa anda harus mempelajari pemasaran
Bagaimana kita harus mendefinisikan pemasaran?
Mendefinisikan Pemasaran Mikro
Menerapkannya terhadap organisiasi laba dan nirlaba
Mulai dengan kebutuhan konsumen
Pemasaran tidak berdiri dengan sendirinya
Fokus naskah ini-manajemen berorientasi pemasaran mikro
Mendefinisikan Pemasaran Mikro
Setiap masyarakat membutuhkan sistem ekonomi
Bagaimana keputusan ekonomi dibuat?
Perencana Pemerintah bisa membuat keputusan
Suatu pemasaran yang diarahkan ekonomi menyesuaikan dirinya
Kebebasan memilih paling besar
Konflik bisa terjadi
Peran pemerintah
Semua ekonomi membutuhkan Pemasaran Makro
Pemasaran mencakup pertukaran
Apakah itu pasar?
Makelar membantu pertukaran lebih banyak lagi
Peran Pemasaran dalam Perkembangan Ekonomi
Sistem Pemasaran Efektif adalah kebutuhan
Dapatkah Produksi Masal memuaskan kebutuhan masyarakat?
Pemasaran efektif diperlukan untuk mempertautkan produsen & konsumen

Bagaimana ya, produk seperti di atas bisa diterima pasar internasional?

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengevaluasi Peluang dalam Lingkungan yang tak terkendali

Situasi saat ini semakin tidak terduga, seringkali kita terkaget-kaget dengan aneka kejutan yang tidak dapat kita prediksi sebelumnya, walaupun demikian kita tetap berusaha memperhitungkannya untuk dapat membuat rencana. Dalam tulisan ini, ayo kita coba untuk :

1.Mengetahui variabel2 yang tidak terkendali yang mana manajer pemasaran harus bekerja bersamanya 2.Memahami mengapa tujuan2 perusahaan adalah penting dalam mengarahkan strategi pemasaran 3.Melihat bagaimana sumberdaya perusahaan bisa membatasi pencariannya untuk peluang 4.Mengetahui efek jenis situasi kompetitif yang berbeda pada perencanaan strategi 5.Memahami bagaimana lingkungan teknologi dan ekonomi bisa berdampak terhadap strategi
Manajer pemasaran tidak merencanakan strategi di ruang hampa Lingkungan tidak terkendali, antara lain : 1.Sumberdaya dan Tujuan Perusahaan 2.Lingkungan kompetitif 3.Lingkungan Teknologi dan Ekonomi 4.Lingkungan Hukum dan Politik 5.Lingkungan Sosial dan Budaya
Tujuan-tujuan harus menyusun wacana Perusahaan 3 …

Membangun Brand bagaikan membangun Rumah

Setiap proyek membangun rumah dibagi menjadi menjadi tahap-tahap yang berbeda yang perlu dipertimbangkan agar hasilnya sangat memuaskan.

Pada setiap bagian tulisan ini memiliki sejumlah pernyataan yang berkaitan dengan membangun rumah yang menandakan pembahasan yang relevan dengan membangun Brand.
1.Impian 2.Rencana 3.Memulai 4.Desain 5.Membangun 6.Detail

Pada akhir setiap tahap tulisan ini merupakan ringkasan pembahasan penting mengenai Branding untuk menjadi bahan pertimbangan dalam proses membangun Brand anda.  Tujuannya untuk menyusun cara yang jelas mengenai membuat Branding yang mudah dipahami bagi setiap orang.

Membangun suatu Brand bisa benar-benar sederhana, berwujud dan dapat dipercaya seperti halnya batu bata dan adukan semen ......... Memang seperti membangun sebuah Rumah
Konsep Branding seringkali dikhawatirkan sebagai suatu keterampilan yang kita tidak selalu bisa memahami apalagi mengelolanya.  Tujuan tulisan ini adalah membuat Branding terwujud dengan mengaitkannya kepada penga…

Pendahuluan tentang Smart City

dikutip dari Professor Isam SHAHROUR
Apakah Konsep Smart City itu? Teknologi Manajemen Data Implementasi Smart City Tantangan sebuah Kota Ledakan Populasi Konsumsi Air dan Energi Kemacetan Lalu Lintas Krisis Ekonomi dan Keuangan Pemukiman Kumuh Partisipasi Warga Komposisi Usia Tuntutan Peningkatan Kualitas Hidup dan Kenyamanan
Dua Strategi 1.Memperbaharui kualitas infrastruktur dan bangunan, tapi ... Membutuhkan Investasi Besar, menyita waktu lama Di Eropa keberadaan bangunan baru sekitar 1% per tahun dari bangunan yang ada. 2.Memperbaharui Manajemen infrastruktur (Teknology Digital) Investasi rendah Implementasinya cepat
Revolusi Digital 1.Komunikasi 2.Jejaring Sosial 3.Mobile 4.Internet
Teknologi Smart sensor Smart Technology Smart governance SMART CITY Data yang lebih banyak DATA BESAR : digital, images, movies, audio Implementasi di bidang Kesehatan, Pendidikan, Seni dan Budaya


Teknologi Smart City mendukung : üMonitoting secara Real-Time (Arus Lalu lintas, data kependudukan dll) üTi…