Rabu, 08 Maret 2017

Mengevaluasi Peluang dalam Lingkungan yang tak terkendali

Situasi saat ini semakin tidak terduga, seringkali kita terkaget-kaget dengan aneka kejutan yang tidak dapat kita prediksi sebelumnya, walaupun demikian kita tetap berusaha memperhitungkannya untuk dapat membuat rencana. Dalam tulisan ini, ayo kita coba untuk :

1.  Mengetahui variabel2 yang tidak terkendali yang mana manajer pemasaran harus bekerja bersamanya
2.      Memahami mengapa tujuan2 perusahaan adalah penting dalam mengarahkan strategi pemasaran
3.      Melihat bagaimana sumberdaya perusahaan bisa membatasi pencariannya untuk peluang
4.      Mengetahui efek jenis situasi kompetitif yang berbeda pada perencanaan strategi
5.      Memahami bagaimana lingkungan teknologi dan ekonomi bisa berdampak terhadap strategi

Manajer pemasaran tidak merencanakan strategi di ruang hampa
Lingkungan tidak terkendali, antara lain :
1.      Sumberdaya dan Tujuan Perusahaan
2.      Lingkungan kompetitif
3.      Lingkungan Teknologi dan Ekonomi
4.      Lingkungan Hukum dan Politik
5.      Lingkungan Sosial dan Budaya

Tujuan-tujuan harus menyusun wacana Perusahaan
3 tujuan dasar menyediakan arah pedoman: b. 
a. Tujuan harus dikkhususkan
b. Tujuan-tujuan harus selaras
c. Tujuan-tujuan harus mengarah kepada tujuan pemasaran

SUMBERDAYA PERUSAHAAN BISA MEMBATASI PENCARIAN PELUANG, dengan memperhatikan :
Kekuatan Finansial
Kapabilitas dan Keluwesan Produksi
Kekuatan Pemasaran
Lingkungan Kompetitif

Seorang manajer harus mampu menghindari pusat persaingan
Saat banyak penjual menawarkan produk yang sama
Pasar cenderung menjadi lebih kompetitif
Mengapa berkompetisi dalam persaingan murni?
Saatnya sedikit pesaing menawarkan barang-barang serupa
Saat persaingan monopolistic, harga harus ditetapkan

LINGKUNGAN EKONOMI
Kondisi ekonomi berubah dengan cepat
Inflasi dan tingkat bunga mempengaruhi pembelian

LINGKUNGAN TEKNOLOGI
Dasar teknologi mempengaruhi peluang

LINGKUNGAN POLITIK
Konsumerisme adalah disini-dan mendasar

LINGKUNGAN HUKUM
Hukum anti-monopoli & perencanaan pemasaran campuran
Hukum perlindungan konsumen bukanlah baru
Makanan dan obat-obatan dikendalikan

LINGKUNGAN SOSIAL DAN BUDAYA
Lingkungan sosial dan budaya
Dimanakah orang-orang sekarang dan besok berada?
Distribusi usia adalah berubah
Komposisi rumahtangga berubah
Meningkatnya area urban dan suburban
Dari kota ke suburban
Orang bergerak berada pada pasar atraktif
 Perbatasan-perbatasan politik lokal juga mendefinisikan area-area pasar
Target besar adalah atraktif tapi sangat kompetitif
Banyak orang berada dalam level pendapatan menengah dan lebih tinggi sedikit
Pertumbuhan riil pendapatan jatuh-tapi seberapa lama?
Kelompok pendapatan yang lebih tinggi masih menerima penyebaran yang besar

BAGAIMANA MENGEVALUASI PELUANG
Mengembangkan dan mengaplikasikan kriteria skrining
Rencana menyeluruh harus dievaluasi
Satu contoh kriteria Skrining Produk pasar untuk perusahaan penjualan
1.      Kriteria Kuantitatif
a.       Penjualan meningkat Rp750.000.000 per tahun selama 5 tahun berikutnya
b.      ROI Pendapatan sekurang-kurangnya 25% sebelum pajak pada penanaman modal baru
c.       Titik impas di dalam 1 tahun pada penanaman modal baru
d.      Peluang harus cukup besar untuk menjustifikasi kepentingan-kepentingan (membantu mencapai tujuan) tapi cukup kecil sehingga perusahaan mampu menangani dengan sumberdaya yang ada
2.      Kriteria Kualitatif    
Kalo ananda mau ultah, bisa bikin cake-nya kayak gini ya........



.... Semuoga Alloh memberi kemampuan untuk melanjutkan tulisan ini .....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar