Langsung ke konten utama

Mengevaluasi Peluang dalam Lingkungan yang tak terkendali

Situasi saat ini semakin tidak terduga, seringkali kita terkaget-kaget dengan aneka kejutan yang tidak dapat kita prediksi sebelumnya, walaupun demikian kita tetap berusaha memperhitungkannya untuk dapat membuat rencana. Dalam tulisan ini, ayo kita coba untuk :

1.  Mengetahui variabel2 yang tidak terkendali yang mana manajer pemasaran harus bekerja bersamanya
2.      Memahami mengapa tujuan2 perusahaan adalah penting dalam mengarahkan strategi pemasaran
3.      Melihat bagaimana sumberdaya perusahaan bisa membatasi pencariannya untuk peluang
4.      Mengetahui efek jenis situasi kompetitif yang berbeda pada perencanaan strategi
5.      Memahami bagaimana lingkungan teknologi dan ekonomi bisa berdampak terhadap strategi

Manajer pemasaran tidak merencanakan strategi di ruang hampa
Lingkungan tidak terkendali, antara lain :
1.      Sumberdaya dan Tujuan Perusahaan
2.      Lingkungan kompetitif
3.      Lingkungan Teknologi dan Ekonomi
4.      Lingkungan Hukum dan Politik
5.      Lingkungan Sosial dan Budaya

Tujuan-tujuan harus menyusun wacana Perusahaan
3 tujuan dasar menyediakan arah pedoman: b. 
a. Tujuan harus dikkhususkan
b. Tujuan-tujuan harus selaras
c. Tujuan-tujuan harus mengarah kepada tujuan pemasaran

SUMBERDAYA PERUSAHAAN BISA MEMBATASI PENCARIAN PELUANG, dengan memperhatikan :
Kekuatan Finansial
Kapabilitas dan Keluwesan Produksi
Kekuatan Pemasaran
Lingkungan Kompetitif

Seorang manajer harus mampu menghindari pusat persaingan
Saat banyak penjual menawarkan produk yang sama
Pasar cenderung menjadi lebih kompetitif
Mengapa berkompetisi dalam persaingan murni?
Saatnya sedikit pesaing menawarkan barang-barang serupa
Saat persaingan monopolistic, harga harus ditetapkan

LINGKUNGAN EKONOMI
Kondisi ekonomi berubah dengan cepat
Inflasi dan tingkat bunga mempengaruhi pembelian

LINGKUNGAN TEKNOLOGI
Dasar teknologi mempengaruhi peluang

LINGKUNGAN POLITIK
Konsumerisme adalah disini-dan mendasar

LINGKUNGAN HUKUM
Hukum anti-monopoli & perencanaan pemasaran campuran
Hukum perlindungan konsumen bukanlah baru
Makanan dan obat-obatan dikendalikan

LINGKUNGAN SOSIAL DAN BUDAYA
Lingkungan sosial dan budaya
Dimanakah orang-orang sekarang dan besok berada?
Distribusi usia adalah berubah
Komposisi rumahtangga berubah
Meningkatnya area urban dan suburban
Dari kota ke suburban
Orang bergerak berada pada pasar atraktif
 Perbatasan-perbatasan politik lokal juga mendefinisikan area-area pasar
Target besar adalah atraktif tapi sangat kompetitif
Banyak orang berada dalam level pendapatan menengah dan lebih tinggi sedikit
Pertumbuhan riil pendapatan jatuh-tapi seberapa lama?
Kelompok pendapatan yang lebih tinggi masih menerima penyebaran yang besar

BAGAIMANA MENGEVALUASI PELUANG
Mengembangkan dan mengaplikasikan kriteria skrining
Rencana menyeluruh harus dievaluasi
Satu contoh kriteria Skrining Produk pasar untuk perusahaan penjualan
1.      Kriteria Kuantitatif
a.       Penjualan meningkat Rp750.000.000 per tahun selama 5 tahun berikutnya
b.      ROI Pendapatan sekurang-kurangnya 25% sebelum pajak pada penanaman modal baru
c.       Titik impas di dalam 1 tahun pada penanaman modal baru
d.      Peluang harus cukup besar untuk menjustifikasi kepentingan-kepentingan (membantu mencapai tujuan) tapi cukup kecil sehingga perusahaan mampu menangani dengan sumberdaya yang ada
2.      Kriteria Kualitatif    
Kalo ananda mau ultah, bisa bikin cake-nya kayak gini ya........



.... Semuoga Alloh memberi kemampuan untuk melanjutkan tulisan ini .....
Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membangun Brand bagaikan membangun Rumah

Setiap proyek membangun rumah dibagi menjadi menjadi tahap-tahap yang berbeda yang perlu dipertimbangkan agar hasilnya sangat memuaskan.

Pada setiap bagian tulisan ini memiliki sejumlah pernyataan yang berkaitan dengan membangun rumah yang menandakan pembahasan yang relevan dengan membangun Brand.
1.Impian 2.Rencana 3.Memulai 4.Desain 5.Membangun 6.Detail

Pada akhir setiap tahap tulisan ini merupakan ringkasan pembahasan penting mengenai Branding untuk menjadi bahan pertimbangan dalam proses membangun Brand anda.  Tujuannya untuk menyusun cara yang jelas mengenai membuat Branding yang mudah dipahami bagi setiap orang.

Membangun suatu Brand bisa benar-benar sederhana, berwujud dan dapat dipercaya seperti halnya batu bata dan adukan semen ......... Memang seperti membangun sebuah Rumah
Konsep Branding seringkali dikhawatirkan sebagai suatu keterampilan yang kita tidak selalu bisa memahami apalagi mengelolanya.  Tujuan tulisan ini adalah membuat Branding terwujud dengan mengaitkannya kepada penga…

Pendahuluan tentang Smart City

dikutip dari Professor Isam SHAHROUR
Apakah Konsep Smart City itu? Teknologi Manajemen Data Implementasi Smart City Tantangan sebuah Kota Ledakan Populasi Konsumsi Air dan Energi Kemacetan Lalu Lintas Krisis Ekonomi dan Keuangan Pemukiman Kumuh Partisipasi Warga Komposisi Usia Tuntutan Peningkatan Kualitas Hidup dan Kenyamanan
Dua Strategi 1.Memperbaharui kualitas infrastruktur dan bangunan, tapi ... Membutuhkan Investasi Besar, menyita waktu lama Di Eropa keberadaan bangunan baru sekitar 1% per tahun dari bangunan yang ada. 2.Memperbaharui Manajemen infrastruktur (Teknology Digital) Investasi rendah Implementasinya cepat
Revolusi Digital 1.Komunikasi 2.Jejaring Sosial 3.Mobile 4.Internet
Teknologi Smart sensor Smart Technology Smart governance SMART CITY Data yang lebih banyak DATA BESAR : digital, images, movies, audio Implementasi di bidang Kesehatan, Pendidikan, Seni dan Budaya


Teknologi Smart City mendukung : ├╝Monitoting secara Real-Time (Arus Lalu lintas, data kependudukan dll) ├╝Ti…