Langsung ke konten utama

Pendahuluan tentang Smart City

dikutip dari Professor Isam SHAHROUR

Apakah Konsep Smart City itu?
Teknologi Manajemen Data
Implementasi Smart City
Tantangan sebuah Kota
Ledakan Populasi
Konsumsi Air dan Energi
Kemacetan Lalu Lintas
Krisis Ekonomi dan Keuangan
Pemukiman Kumuh
Partisipasi Warga
Komposisi Usia
Tuntutan Peningkatan Kualitas Hidup dan Kenyamanan

Dua Strategi
1.       Memperbaharui kualitas infrastruktur dan bangunan, tapi ...
Membutuhkan Investasi Besar, menyita waktu lama
Di Eropa keberadaan bangunan baru sekitar 1% per tahun dari bangunan yang ada.
2.       Memperbaharui Manajemen infrastruktur (Teknology Digital)
Investasi rendah
Implementasinya cepat

Revolusi Digital
1.       Komunikasi
2.       Jejaring Sosial
3.       Mobile
4.       Internet

Teknologi Smart sensor
Smart Technology
Smart governance
SMART CITY
Data yang lebih banyak
DATA BESAR : digital, images, movies, audio
Implementasi di bidang Kesehatan, Pendidikan, Seni dan Budaya



Teknologi Smart City mendukung :
ü  Monitoting secara Real-Time (Arus Lalu lintas, data kependudukan dll)
ü  Tindakan cepat terhadap peristiwa yang tidak lazim
ü  Manajemen Sumberdaya yang Optimal
ü  Partisipasi dan implikasi para pemangku kebijakan
ü  Pengembangan model prediktif

Smart City di Eropa
Kota menjadi lebih dari point focal bagi masyarakat dan ekonominya, karena pergerakan urbanisasi, meningkatnya pengetahuan-ekonomi insentif, pertumbuhan sebaran konsumsi sumberdaya dan emisinya

Memenuhi tujuan kebijakan publik dalam lingkungan seperti ini, kota perlu berubah dan berkembang,  namun beberapa kali terbentur dengan anggaran yang seret,  maka untuk mengubah kota ini perlu dengan cara yang cerdas dalam mencapainyai, yaitu : “Smart City”.

3 hal pokok untuk kota-kota di Eropa :
Pembaharuan kualitas hidup yang signifikan, persaingan industri Eropa yang ditingkatkan, kontribusi kuat terhadap keberlangsungan dan target energi dan iklim
Hal ini akan tercapai melalui : pencapaian yang luas, dapat diukur skalanya, Solusi Smart City yang berkelanjutan terutama di area produksim distribusi dan penggunaaan energi, mobilitas dan transportasi, teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIY Tanaman Hias PILEA | How to Make PILEA from Recycled Materials

Mengelola Konsumen – Customer Relationship Management (CRM)

Apakah CRM itu? CRM adalah ungkapan yang menjelaskan bisnis anda berinteraksi dengan konsumen anda. Kebanyakan orang berpikir bahwa CRM suatu sistem untuk menanggulangi informasi tentang konsumen anda. Namun, itu hanyalah bagian gambarnya saja. CRM meliputi penggunaan teknologi untuk mengumpulkan kepintaran yang anda butuhkan untuk menyediakan konsumen dan dukungan yang diperbaharui bagi konsumen anda. Dengan kata lain, CRM adalah juga tentang apa yang anda lakukan berkaitan dengan konsumen baru, menghasilkan laba yang lebih tinggi lagi.   Blok Bangunan CRM ·          Suatu database yang mengumpulkan informasi tentang konsumen anda ·          Suatu cara untuk menganalisa informasi dalam database ·          Suatu strategi untuk mengaplikasikan analisis untuk memenuhi kebutuhan konsumen agar lebih baik dan mengindentifikasi konsumen-konsumen potensial · ...

MENGANYAM KEMASAN PASTA GIGI! || WEAVING TOOTHPASTE (PART 1)

Komentar membangun sangat membantu perbaikan blog ini