Langsung ke konten utama

Peran Pemasaran dalam Perusahaan

Mau berbagi pengetahuan, semoga bermanfaat, kalau ada yang salah, silakan kritik dan saran, ayo kita sama-sama belajar ya untuk:

1.      Mengetahui apakah konsep pemasaran itu dan bagaimana pemasaran berdampak terhadap perencanaan strategi perusahaan
2.      Memahami apa yang dilakukan Manajer Pemasaran
3.      Mengetahui apakah perencanaan strategi pemasaran itu dan mengapa ini difokuskan di buku ini
4.      Memahami target pemasaran
5.      Akrab dengan 4-P dalam Pemasaran Campuran
6.      Mengetahui perbedaan antara strategi pemasaran, rencana pemasaran dan program pemasaran

“Suatu rencana induk untuk membidik target” bukanlah alur cerita Rambo-namun tujuan manajer pemasaran yang bagus.
Peran pemasaran telah banyak berubah bertahun-tahun lampau
Spesialisasi perdagangan dijalankan-makelar memenuhi kebutuhan
Dari produksi menuju era penjualan
Menuju era Departemen Pemasaran
Menuju era Perusahaan Pemasaran

Apakah arti konsep pemasaran?
Orientasi konsumen mengarahkan sistem keseluruhan
Manajer bekerja sama untuk job yang lebih baik
Mudah untuk mengalihkan menjadi orientasi produksi

Adopsi Konsep Pemasaran tidaklah mudah atau universal
Industri pelayanan/jasa  semakin enak dipandang
Konsep Pemasaran berdampak langsung terhadap Organisasi Nirlaba
Seberapa jauh konsep pemasaran berjalan?
Cukup jauhkah berjalan?

Job manajemen dalam pemasaran
Manajer pemasaran mencari peluang-peluang baru
Perencanaan manajemen strategi peduli terhadap perusahaan keseluruhan

Apakah Perencanaan Strategi Pemasaran itu?
Apakah strategi pemasaran itu?
Menyeleksi strategi berorientasi pasar adalah target pemasaran
Target pemasaran bukanlah pemasaran masal
“Pemasar Masal” bisa melakukan target pemasaran

Mengembangkan percampuran pemasaran untuk target pasar
Terdapat berbagai variable pemasaran-campuran
Tempat-mencapai target
Promosi-memberitahu dan menjual ke konsumen
Harga-buatlah yang benar
Masing-masing dari 4P berkontribusi terhadap keseluruhan
Tempat dan promosi, keduanya harus dilakukan secara bersamaan

Rencana Pemasaran adalah panduan untuk implementasi dan kendali
Rencana pemasaran memenuhi strategi pemasaran
Implementasi meletakkan rencana ke dalam operasi
Berbagai rencana membuat program pemasaran menyeluruh
Kendali adalah menganalisis dan mengoreksi apa yang telah dilakukan

Pentingnya Perencanaan Strategi Pemasaran
Waktu bagi strategi-strategi baru dalam industry arloji
Perencanaan strategi yang kreatif dibutuhkan untuk keberlangsungan
Perencanaan Strategi tidak terjadi di ruang hampa
Perencanaan strategi berorientasi pasar membantu orang non pemasaran juga

Peran pemasaran di dalam perusahaan yang berorientasi pasar adalah menyediakan arah bagi perusahaan. Konsep pemasaran menekankan bahwa upaya perusahaan seharusnya fokus pada memuaskan konsumen target-pada laba. Perusahaan berorientasi produk cenderung melupakan konsep ini. Seringkali berbagai departemen dalam perusahaan berorientasi produksi membiarkan konflik kepentingan alami mereka.
Pondasi Ekonomi
         Memahami “Hukum Permintaan yang semakin menurun”
         Mengetahui apakah “pasar itu”?
   Memahami kurva permintaan dan bagaimana keduanya menetapkan ukuran pasar & level harganya?
         Mengetahui tentang elastisitas permintaan & penawaran

         Mengetahui mengapa elastisitas permintaan diakibatkan oleh ketersediaan barang pengganti 

Tempat Tissue dan permen dari kreasi stik es krim, gimana hayo cara pemasarannya?

Insya Alloh dilanjut lagi ya ...o


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengevaluasi Peluang dalam Lingkungan yang tak terkendali

Situasi saat ini semakin tidak terduga, seringkali kita terkaget-kaget dengan aneka kejutan yang tidak dapat kita prediksi sebelumnya, walaupun demikian kita tetap berusaha memperhitungkannya untuk dapat membuat rencana. Dalam tulisan ini, ayo kita coba untuk : 1.    Mengetahui variabel2 yang tidak terkendali yang mana manajer pemasaran harus bekerja bersamanya 2.       Memahami mengapa tujuan2 perusahaan adalah penting dalam mengarahkan strategi pemasaran 3.       Melihat bagaimana sumberdaya perusahaan bisa membatasi pencariannya untuk peluang 4.       Mengetahui efek jenis situasi kompetitif yang berbeda pada perencanaan strategi 5.       Memahami bagaimana lingkungan teknologi dan ekonomi bisa berdampak terhadap strategi Manajer pemasaran tidak merencanakan strategi di ruang hampa Lingkungan tidak terkendali, antara lain : 1.      ...

Sasakala Darmaraja

Ngadangu kecap “Darmaraja”, kanggo sapalih jalmi, daerah ieu teu acan wanoh. Padahal daerah ieu teh liliwateun jalan upami bade ka Tasik nganggo jalur Sumedang. Darmaraja ayeuna sapalih wilayahna parantos tilem ku proyek Situ Jatigede. Darmaraja kapungkur mangrupa wewengkon di sisi wahangan Cimanuk anu janten liliwateun tukang moro jeung tukang ngumbara. Nepi ka hiji mangsa, aya sesepuh agama anu ngarana Guru Aji Putih anu ngadegkeun karajaan Tembong Agung di Leuwi Hideung (wewengkon Darmaraja ayeuna).   Karajaan Tembong Agung ieu mangrupa cikal bakal ti Karajaan Sumedang Larang. Tembong Agung hartina karajaan anu katingali agung atawa luhur.   Guru Aji Putih ngadegkeun Karajaan Tembong Agung di Leuwi Hideung sakaligus ngada’wahkeun ajaran Islam. Anjeuna ngagaduhan gelar haji anu pang awalna di Sumedang saparantos angkat haji ka Mekkah, anu salajengna dikenal namina Prabu Aji Putih. Nami Sumedang ngawitan muncul nalika Prabu Tajimalela, nyaeta putera ti Prabu Aji P...

UNIK! Wadah HP dari Limbah Tube Odol

Komentar membangun sangat membantu perbaikan blog ini